Tips mengamankan alamat E-mail dari hacker

Posted by Azep Tea Sabtu, 12 Desember 2009 33 komentar
Seminggu sebelum postingan ini di tulis saya mendapat SMS dari sahabat, isinya seperti ini "bang gmail sy di hack org (username + password dicuri) blog, FB, adsense, bahkan paypal saya tidak bisa di akses. kerugian $100 lebih, da solusi gak?".  Nah bagaimana perasaan sobat setelah membaca isi sms di atas? ? ? dan bagaimana juga bila itu terjadi pada sobat ? ? ?


sebagai pemula, pengetahuan saya masih kurang tentang dunia hacker, akan tetapi belajar jadi hacker itu perlu asal dengan tujuan untuk menangkal nya saja. Eiiiit . . . tunggu dulu postingan ini bukan membahas cara menjadi hacker, tapi hanya ingin berbagi tips cara mengamankan alamat E-mail dari hacker.  teruskan membacanya ya ! ! !


Email merupakan salah satu sarana berkomunikasi via internet. Bahkan dengan email dapat mengirim data dalam bentuk file, foto dan lain-lain. Kalau data yang terkirim hanya data biasa mungkin tak perlu risau. Namun berbalik keadaannya bila ada data rahasia yang harus dikirim via email.


email
Karena itu saat membuka email sebaiknya berhati-hati memperhitungkan aspek keamanan email terutama jika berada ditempat umum seperti warnet atau kantor. Kadang tanpa disadari password email masih kondisi on saat meninggalkan warnet atau kantor.
Keteledoran bisa mengakibatkan password diketahui orang lain baik yang berpengalaman maupun yang tak berpengalaman. Biasanya hacker/cracker yang berhasil mendapatkan password dan masuk ke email korban akan membaca email pribadi, menghapus email, mengganti setting, mengirim email jahat, bahkan mengganti password dan juga bisa mendelete alamat email untuk selama-lamanya. Antisipasi dengan mengamankan email Anda:

1. Hati-hati membuka email di tempat umum.
Jika membuka email dari kantor, warnet, rumah teman, rumah saudara, tetangga, dan sebagainya yang bukan komputer pribadi sebaiknya tak mengetik langsung passwod melalui keyboard. Terkadang orang yang dikenal maupun tidak bisa memasang dan menginstall program mata-mata yang dapat mengetahui apa saja yang Anda ketik di keyboard dan mengirimkannya ke email yang telah di set.
Cara mengatasinya adalah bisa dengan program mouse keyboard yang ada di windows XP atau bisa dipasang atau membawa sendiri dari disket atau cd atau dari mouse keyboard online di internet. Caranya dengan mengklik tombol-tombol yang tersedia pada program tersebut yang ditujukan ke form isian password.
Cara lainnya dengan copy paste dari tulisan yang ada atau yang telah disiapkan. Jangan lupa mengacak password agar jangan sampai terbaca dan dapat dipahami orang lain yang membacanya. Buat website atau blog sederhana yang berisi sandi-sandi yang hanya Anda saja yang memahaminya. Lalu copy paste saja dari sandi-sandi yang akan membentuk password alamat email Anda.

2. Gunakan password yang sulit ditebak.
Jangan gunakan password yang pendek dan merupakan kata-kata umum yang terdapat pada kamus, baik bahasa Indonesia maupun Inggris. Biasanya hacker email akan mencoba satu persatu kata-kata yang ada di kamus untuk membuka email.
Sebaiknya gunakan password yang terdiri dari enam karakter atau lebih. Padukan huruf dan angka. Lebih panjang lebih baik. Usahakan jangan sampai lupa dengan password sendiri. Kemudian selipkan atau masukkan karakter-karakter yang bukan huruf atau angka ke dalam password. Bisa juga dengan mengombinasikan huruf besar dan kecil pada password.

3.Waspada password email di komputer pribadi.
Ingat, walaupun komputer pribadi ada di rumah sendiri, namun belum menjamin keamanan password email. Banyak jalan menuju Roma, banyak pula cara hacker/crakcer menembus password email. Gunakan program antivirus atau antispyware yang sudah di-update tak lebih dari dua hingga tiga bulan.
Selalu menjalankan program firewall ketika berselancar di internet untuk memblokir koneksi-koneksi yang tak diinginkan baik dari dalam komputer maupun dari luar yang biasanya bertujuan buruk. Beberapa program antivirus yang dapat digunakan adalah AVG antivirus, Ad-Aware antispyware dan McAfee firewall. Sering-seringlah menjalankan aplikasi tersebut dengan update definition dan patch untuk mengeliminasi segala kemungkinan masuknya virus dan spyware yang tak dikehendaki.

4. Ganti password secara berkala.
Ganti password email secara berkala, bisa seminggu sekali atau sebulan sekali tergantung kebutuhan, dengan mengganti secara berkala lebih mempersempit kemungkinan usaha hacker/cracker men-take over password email. Saat mengganti password sebaiknya diingat atau dicatat agar mudah mengingatkan password email yang terakhir.

5. Gunakan password yang berbeda.
Bila memiliki email address lebih dari satu (umumnya dari ISP dan free mail), gunakan password berbeda. Dengan demikian bila salah satu email address terambil atau jatuh ke tangan hacker Anda masih memiliki email address yang lain.

6. Jangan sembarangan memberikan email address.
Walau memiliki beberapa email address, jangan sembarangan memberikan email address. Hanya mailing list tertentu yang benar-benar bermanfaat yang bisa dikuti, jangan pula sembarang memberikan email address ke orang yang belum dikenal dengan baik.

7. Login pada website yang benar.
Saat berinternet dan membuka browser perhatikan apakah alamat untuk login ke dalam email sudah benar. Jangan sampai salah memasukkan passwod di website yang sengaja dibuat mirip untuk menjebak Anda. Pahami betul sistem path penamaan address url yang biasa dilewati. Jika curiga sebaiknya jangan login dan tanyakan ke orang lain yang lebih paham.

8. Cari informasi terkini.
Tak ada salahnya rajin mencari informasi perkembangan email hacking di situs atau mailing list. Dari waktu ke waktu seiring berkembangnya teknologi para hacker akan terus berusaha menemukan dan menyempurnakan tehnik jahatnya untuk membuat sengsara karena kehilangan akses masuk ke email sendiri.

9. Langkah-langkah saat email diambil hacker.
Jika telah kehilangan akses untuk masuk ke dalam alamat email pribadi, gunakan tehnik recovery dengan memasukkan data-data yang ditanyakan serta mengklik link-link yang diperintahkan penyedia layanan email. Jika lupa dengan data tersebut atau data telah diubah oleh hacker, lupakan alamat email lama dan segera buat alamat email baru. Jangan lupa untuk belajar dari kesalahan yang sudah terjadi.

smoga bermanfaat !
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Tips mengamankan alamat E-mail dari hacker
Ditulis oleh Azep Tea
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://asepsukarman.blogspot.com/2009/12/tips-mengamankan-alamat-e-mail-dari.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

33 komentar:

Randy Hawai mengatakan...

cup pertamaxx..
salam kawan.. nice post.. :D

blog buat bloggers mengatakan...

Mantep tipsnya kang asepblogs, siiip!!!

Ardi33.Web.id mengatakan...

bagus neeh, kang...kmaren punyaku kebobolan... :((
untung ada ini, aku coba pakai yah???thx lho........

onny mengatakan...

wah.. untung ada info terbaru.. jadi bisa siap-siap mengantisipasi hal yang paling buruk.
terima kasih atas infonya.
semoga semakin sukses.

adiedotcom mengatakan...

nice info sob, thx ya da sharing infonya.....

eh sob xlink yuk!!!!

Regards : PingugOblOg

al-basri mengatakan...

salam,
terima kasih atas tipsnya sob, tips begini yang kita mau. agar sama-sama aman privacy kita...

salam sukses

hendrie k_bejo mengatakan...

tipsna sangat menyentuh sekali sob, okeh deh ta Jln kan roda2 Tipsnya, !!

Rival Aditya mengatakan...

info yang sgt bermanfaat buat saya sob ... makasih infonya

Osi mengatakan...

Setuju dengan tips nya....

Thanks info tips nya ya...

Astaga.com Lifestyle On The Net mengatakan...

saya g takut, orang hackernya temen sendiri. hackernya kang asep sukarman :))

Ngobrol Seputar Bisnis Online mengatakan...

thx kang infonya cekidot, amankan email semnjak dini

Hidup Untuk Berbagi mengatakan...

oke kang nice tips, hehe email penting juga diamanin, salam berbagi

Lyli mengatakan...

ini info penting bgt buat para internet user.thanks bgt nih dh mw share infona. ;))

eurobillion mengatakan...

nice post, the top list site http://eurobillion.mastertop100.org, thanks click, http://musicaechat.blogspot.com, http://europportunita.blogspot.com

uliah black mengatakan...

dulu saya kena hacker slalu dan setelah kamu nulis post ini lalu saya praktikkan triknya saya sudah nggak kena lagi ...

thank's yah postnya ..salam Terima kasih

Phonank mengatakan...

Mewaskpadai dini sebelum hacker menerang,, oke sob..

nice info

Willyo Alsyah P. Isman mengatakan...

wah... saya harus coba nih biar aman email ku

ohim mengatakan...

waduuhhh....kudu hati-hati niee...baru tahu kang info nie... ganti pasword secara berkala ya kang....emmm boleh juga kaykanya..

Lyli mengatakan...

serem jg nih klo kena hack,musti extra hati2 nih :)] klo aj ada tmpat keluhan untuk korban hack ya,,kan jd ada yg bantu advokasi gtu.

Randy Hawai mengatakan...

ukyt meraimaikan perbincangan hangat ini mas.. :D

van mengatakan...

wah makasih infona kang..bwt jaga 2,,:D

Free Download Movie dan SEO mengatakan...

berkunjung....

Kebahagiaan mengatakan...

sip2!
nice inpoh bang....
;)

boby mengatakan...

sukses kanggg

Ardiawan mengatakan...

Hacker jahat adalah hama busuk yg harus diberantas.

RifkyMedia™ mengatakan...

wah serem juga nih kalau email di bajak

boby mengatakan...

wah akang bener2 brilian

Indahnya Berbagi mengatakan...

info menarik, layak bahkan wajib diindahkan nie tipsnya! terimakasih dah sudi berbagi ilmu

Asep Sukarman mengatakan...

@ semuanya
terimakasih atas komentarnya dan saya mohon maaf karena tidak menanggapi satu persatu

Gecok mengatakan...

thanks info nya, bermanfaat banget. saya pernah di hack. >.<
kunjungan balik ya

xamthone plus bandung mengatakan...

terima kasih atas berbagi infonya salam semuanya

jelly gamat bandung mengatakan...

trim infonya gan jd ngeri juga ya

obat herbal sehat mengatakan...

trims atas artikelnya, jd kita lebih hati-hati

Posting Komentar

Terimakasih telah bersedia berkomentar. Komentar SPAM terpaksa saya hapus. terimakasih

Tutorial SEO dan Blog support Online Shop Tas Wanita - Original design by Bamz | Copyright of Tips - Trik Bloging.